Skip to main content

Tips Liburan Seru ke Jogja Dengan Pesawat dari Jakarta

Kota Jogja merupakan salah satu kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah. Kota ini banyak dikunjungi wisatawan entah yang berasal dari dalam ataupun luar kota sekalipun. Bagi anda yang berasal dari Jakarta, anda tetap bisa menikmati keindahan Jogja dengan cara memanfatkan transportasi berupa pesawat udara.

Berikut ini merupakan tips liburan ke Jogja menggunakan pesawat udara yang bisa anda coba.

1. Turun di Bandara Adisucipto International Airport

Bagi anda yang mengunjungi Jogja dengan pesawat, anda bisa turun di Bandara Adisucipto International Airport. Salah satu jenis pesawat yang dapat anda coba adalah pesawat garuda. Pesawat ini memiliki penerbangan dari Jakarta menuju Jogja hanya dalam 50 menit.

Bandara Adisucipto memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti mesin ATM, meja informasi turis serta taksi di ruang tunggu kedatangan.

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa taksi, anda bisa membayar tarif transportasi di meja taksi yang ada di terminal kedatangan. Selanjutnya anda tinggal menuju pangkalan dimana taksi berada. Berikan tanda pembayaran taksi kepada driver tanpa harus memberikan pembayaran tambahan setelahnya.

Bagi anda yang ingin menghemat budget perjalanan, tidak perlu ragu untuk mencari tiket pesawat murah. Anda bisa mencarinya di beberapa agen travel yang tengah melakukan promo khusus. Anda tinggal membandingkan antara harga satu dengan harga yang lain lalu cari mana harga yang lebih bersahabat.

paket wisata jogja
paket wisata jogja

2. Cara berkeliling di kota Jogja

Sesampainya di Jogja, anda bisa berkeliling kota dengan memilih beberapa jenis transportasi mulai dari taksi, dokar, bus kota, becak, sewa sepeda ,mobil ataupun sewa motor. Jika ingin lebih banyak menjelajahi lokasi wisata tanpa perlu bolak-balik naik transportasi umum, maka anda bisa mencoba melakukan sewa motor atau mobil disana.

Mencari tempat sewa kendaraan juga merupakan tips liburan ke Jogja bagi anda yang lebih suka berkendara sendiri.

Anda bisa menyewa sepeda motor dengan harga berkisar Rp 50.000 atau mobil berkisar Rp 350.000. Anda juga bisa sekalian menyewa sopir dengan tarif berkisar 50.000 sampai Rp 200.000 per harinya.

3. Tentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi

Ada banyak sekali wisata di jogja yang dapat anda masukkan sebagai paket wisata Jogja selama liburan. Bagi anda yang tertarik dengan seni, anda bisa berkunjung di wisata Bentara Budaya, Jogja Gallery, Kedai Kebun serta Cemeti Art House. Sementara jika tertarik pada kecantikan candi,maka anda bisa bertandang ke Candi Kalasan, Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Plaosan, Candi Boko serta Candi Ijo.

Selain wisata di atas, wisata alam Jogja juga tidak kalah serunya. Beberapa contoh wisata alam yang dapat anda coba antara lain adalah Pantai Jogjakarta, Puncak Suroloyo, Punthuk Setumbu, Bukit Parang Endong, Kalibiru, Kebun Buah Mangunan, Air Terjun Grojogan Sewu dan lain-lain.

Anda juga bisa berkunjung ke beberapa museum seperti museum Affandi, Museum Kekayon, Musem Dirgantara, Museum Batik, Museum Ullen Sentalu dan lain sebagainya.

4. Liburan Secara Rombongan

Untuk liburan ke jogja secara rombongan alangkah lebih baiknya menggunakan layanan sewa bus di jogja untuk keliling kota jogja, karena di yogyakarta sudah banyak jasa sewa bus jogja dengan pelayanan terbaik salah satunya akan antar jemput di bandara.

Jogjakarta menjadi salah satu kota Istimewa dengan banyaknya lokasi menarik yang dapat anda kunjungi. Selain berwisata, ada baiknya anda juga mencoba beberapa makanan khas Jogja yang unik dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Beberapa makanan khas Jogja antara lain adalah Gudeg, Krecek, Bakpia Pathok,Yangko, Oseng-Oseng Mercon,Cenil Jogja, Geplak serta Coklat Monggo.

Masing-masing makanan tentu memiliki keunikannya sendiri yang membuat anda susah melupakan Kota Jogja. Selamat berwisata!.

Tips Mencari Sewa Motor di Sekitar Malioboro Jogja

Malioboro merupakan salah satu area wisata yang sangat populer. Malioboro terdapat di kota Jogja dan menjadi pusat perbelanjaan serta wisata budaya. Malioboro dianggap memiliki nilai sejarah yang tinggi karena banyaknya bangunan bersejarah disana.

Untuk mempermudah acara berpetualang, anda bisa menyewa motor pada agen penyewaan di Malioboro. Beruntung di era digital ini, kita bisa mencari banyak hal lewat mesin pencari termasuk mencari dimana lokasi sewa motor di sekitar Malioboro yang bagus.

sewa motor malioboro
sewa motor malioboro

Tips Sewa Motor Jogja di Sekitar Malioboro

Sebelum melakukan booking pada salah satu agen penyewaan, ada baiknya anda memperhatikan tips-tips yang berikut ini.

1. Lakukan pengecekan melalui website

Tips yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan melalui website. Hingga kini banyak sekali agen penyewaan motor yang melakukan promosi melalui website ataupun media sosial. Hal ini tentu mempermudah bagi para pencari jasa sewa melalui mesin pencari. Setelah menemukan website dari agen terkait, anda bisa mencermati review dari para penyewa sebelumnya.

Melalui review atau testimoni dari pelanggan, anda dapat mengetahui gambaran mengenai jasa yang anda pilih. Semakin tinggi nilai review yang diberikan, maka semakin bagus pula pelayanannya.

2. Pilih yang menyediakan helm serta jas hujan

Penting bagi anda untuk memilih jasa penyewaan motor yang menyediakan helm serta jas hujan. Kelengkapan ini diperlukan sebagai antisipasi jika cuaca tidak mendukung saat berada di jalan. Selain itu, cek juga STNK dari motor yang akan disewa. Teliti apakah pajaknya masih hidup atau sudah mati. Jika sudah mati, anda tidak perlu sungkan untuk meminta motor pengganti dengan pajak yang masih hidup.

Kelengkapan motor diperlukan untuk menghindarkan anda dari hal buruk yang bisa saja terjadi di jalan. Selain itu, sopan santun berkendara juga menjadi hal yang harus anda lakukan. Perhatikan kecepatan serta rambu lalu lintas saat berkendara.

3. Penyewaan dengan fasilitas antar jemput sepeda motor

Tips memilih sewa motor yang selanjutnya adalah dengan memilih agen yang menyediakan fasilitas berupa antar jemput sepeda motor. Dengan memilih jasa yang demikian, anda tidak perlu repot-repot mencari transportasi umum untuk mengambil motor yang telah anda sewa.

4. Kondisi sepeda motor

Tips sewa motor di Malioboro yang selanjutnya adalah memperhatikan kondisi serta variasi dari motor yang akan dipesan. Varian motor yang berbeda tentu berpengaruh pada harga sewanya. Tentukan jenis motor sesuai dengan budget yang ada. Jangan sampai budget jalan-jalan anda berkurang banyak hanya karena harga sewa yang mahal.

Perhatikan kondisi dari motor yang dipilih, apakah motor tersebut layak pakai dan dalam kondisi prima atau tidak. Cek mesin, lampu, rem serta ban motor. Lakukan secara teliti untuk menghindari hal buruk yang bisa saja terjadi selama perjalanan.

5. Lakukan booking sebelum hari H

Pada musim liburan, akan banyak orang yang mengandalkan jasa sewa motor untuk melengkapi perjalanan mereka. Terlebih di Malioboro, tempat wisata yang satu ini selalu ramai pengunjung meski pada weekdays sekalipun. Penting bagi anda untuk melakukan booking motor sebelum hari H agar jenis motor yang anda pilih tidak keduluan diambil orang.

Sewa motor Jogja Malioboro tentu sangat membantu bagi wisatawan yang ingin mengeksplore kekayaan dari kota wisata yang satu ini. Menyewa motor tentunya juga lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan anda dengan harus bolak-balik menggunakan transportasi umum.

Museum Benteng Vredeburg Tempat Wisata Beresejarah Jogja

Perjalanan wisata bersejarah tidak kalah menyenangkan dengan adanya wisata alam loh. Coba saja berkunjung ke salah satu muesum yang ada di daerah Jogja ini. Museum benteng vredeburg sendiri sebenarnya memiliki beberapa sejarah yang wajib diketahui. Tidak ada salahnya untuk mempelajari sedikit tentang bagunan bersejarah milik bangsa kita bukan?

Sejarah Singkat Benteng Vredeburg

Mungkan masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya nama asli dari benteng ini sebenarnya bukanlah benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg ini sebenarnya dinamai benteng peristirahatan atau benteng Rustenburg yang telah didirikan pada tahun 1760. Bhakan fakta sejarah menggambarkan bahwa benteng vredeburg ini sbenarnya dibangun atas perintah dari Sri sultan Hamengku Buwono I yang menuruti permintaan Gubernur Pantai Utara Jawa pada masa itu, Nicolaas Harting. Tujuan utama dari pembentukan benteng ini sebenarnya adalah untuk sebuah keamanan di daerah keraton Yogyakarta padahal ada misi terselubung Belanda yaitu untuk memantau stiap pergerakan orang keraton.

Benteng Vredeburg Yogyakarta
Benteng Vredeburg Yogyakarta

Koleksi Museum Vredeburg

Ada beberapa koleksi yang dimiliki oleh museum benteng vredeburg di Jogja ini. Di museum ini Anda akan mendapatkan dorama yang terpisah ke dalam 2 bangunan yang berbeda. Selain dari 4 bagian dorama yang terpisah pada ruangan berbeda, ada juga beberapa koleksi seperti seni grafik, lukisan dan layar sentuh yang akan menggambarkan nuansa sejarah yang pekat pada muesum tersebut. Museum ini menyajikan sajian dorama yang unik dimana kisah dan ceritanya sangat nyambung antara satu dan yang lainnya. Dimana bangunan bersejarah tersebut tampak kental dengan nuansa bangunan kolonial yang serba putih walaupun cat nya sudah mulai memudar. Ketika bagian luar dari bangunan akan menyajikan sebuah gambaran langit yangbiru dan indah dengan kumpulan awal tebal dimana anda bisa menikmati sensasi pemandangan kedua buah patung yang berdiri gagah dan kokoh.

Museum vrederburg ini syarat dengan nuansa sejarah yang melambangkan pemerntahan keraton Jogja dengan kolonial belanda kala itu. Untuk sebuah informasi, Vredeburd sendiri memiliki istilah : Perdamaian. Bangunan yang indah dan bersejarah ini kerap dikunjungi pengunjung yang penasaran akan nuansa sejarah yang terkandung didalamnya. Museum ini juga mendapatkan julukan ebagai salah satu museum terlengkap di Indonesia.

Informasi Jam Buka Benteng Vredeburg

Benteng vrederburg ini akan buka setiap hari kecuali pada hari libur nasional dan hari senen. Sedangkan untuk informasi jam buka benteng vredeburg sendiri adalah dari jam 08.00 hingga jam 16.00. Untuk biaya masuk hanya dikenakan biaya tiket masuk benteng vredeburg seharga Rp. 2.000 untuk orang dewasa dan Rp. 1000 untuk anak-anak. Cukup murah bukan? Dengan harga yang murah tersebut anda sudah bisa mengunjungi daerah wisata bersejarah yang ada di daerah Jogja. Selain menikmati wisata bersejarah ada banyak permainan harian yang biasanya dimainkan did dalam mueseum benteng vrandeburg tersebut. Seperti permainan melawan belanda dan permainan mencocokan gambar. Tidak hanya itu, ada cafe yang banyak memikat pengunjung dengan citra rasa terbaik mereka.

Nah, demikianlah beberapa ulasan dan petunjuk yang menggambarkan suasana di dalam museum tersebut. Jika Anda sedang berlibur ke jogja dengan memesan promo paket wisata jogja, jangan lupa mampir dan menikmati suasana di museum tersebut. Karea ada banyak nuansa sejarah yang bisa di gali dan dinikmati disini. Karena benteng tersebut bersih dan tetap terawat walaupun sudah berumur puluhan tahun lamanya. Bahkan tidak kalah romantis juga jika dijadikan tujuan wisata bersama pasangan maupun tujuan bersama keluarga. Selamat berlibur dan menikmati indahnya budaya Indonesia.